Sabtu, 07 April 2007

Cara memberikan komentar di Blog

Bagi pengunjung blog (khusus bagi anggota keluarga besar RHMS) yang kesulitan dalam memberikan komentar di blog ini, dibawah ini akan diberikan contoh cara memberikan komentar baik di artikel maupun di shoutbox.

Komentar di bawah Artikel:
  1. Klik dulu artikel yang dimaksud dengan meng-klik pada Judul Artikel atau pada kata 'Selengkapnya' yang berada dibawah preview artikel.
  2. Untuk memudahkan dalam membaca artikel gunakan tombol scrolling pada mouse (berbentuk roda di tengah mouse). Gerakan scroll kedepan maka layar akan tergulung ke awal artikel, sedangkan jika scroll digerakan ke belakang maka layar akan tergulung ke akhir artikel.
  3. Dibawah artikel anda akan menemukan beberapa komentar dari pembaca artikl sebelumnya.
  4. Gerakan scroll kebawah lagi, hingga ke ujung daftar komentar, lalu klik pada tulisan "Loncat ke formulir komentar"
  5. Setelah di klik maka akan muncul sebuah kotak daftar komentar yang berjudul 'Tinggalkan Komentar Anda'.
  6. Klik sekali di dalam kolom komentar, lalu ketikkan komentar yang anda inginkan.
  7. Setelah isi komentar selesai diketik, lalu gerakkan scroll ke bawah lagi !
  8. Dibawah judul Pilih Sebuah Indentitas, pilih salah satu pilihan identitas dengan cara mengklik lingkaran yang berada di sebelah kiri dari judul pilihan identitas
  • Jika anda seorang Google/blogger pilih klik Google/Blogger
  • Jika anda seorang Blogger selain blogger di Google/Blogspot pilih klik Open ID
  • Jika anda bukan seorang Blogger namun mempunyai website lainnnya, pilih klik Nama/URL. Isi kolom Nama dengan nama anda, dan isi URL dengan nama alamat website anda (kosongkan jika tidak mempunyai alamat website).
  • Jika anda memilih meng-klik pilihan keempat maka, komentar ada akan anonim atau tampa nama orang yang memberikan komentar.
Setelah memilih salah satu identitas, langkah selanjutnya anda tinggal men-klik pada tulisan Publikasikan Komentar Anda. Tunggu sesaat dan selesai ! Untuk menutup kotak daftar komentar anda tingga meng-klik tanda silang(x) di sudut kanan anda daftar komentar. Setelah itu klik lagi judul artikel, maka jika anda mengerakkan tombol scroll kebawah, maka komentar anda akan terpampang pada akhir daftar komentar dari artikel.

Komentar di Kolom Saran Kritik, dan Komentar
  1. Klik dikolom Name dan isi dengan nama anda
  2. Lalu isi kolom Web/URL dengan alamat website anda (jika ada).
  3. Lalu isi komentar, saran, dan kritik anda di kolom Message. Anda bisa juga menambahkan gambar smiley dengan cara mengklik salah satu gambar smiley yang ada.
  4. Selanjutnya klik Shout lalu tunggu sesaat, anda selanjutnya diminta mengetik angka Spam Prevention yang muncul, pada kolom yang tersedia.
  5. Lalu klik Submit, tunggu sesaat dan selesai. Anda bisa melihat komentar anda dibawah judul kolom Saran Kritik, Komentar Pembaca.
Demikian, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pengunjung dan pembaca sekalian.

Salam Hangat,

Administrator